PR saya menyusui minimal 6 bulan alhamdulillah sudah terpenuhi dengan lancar (baik anaknya ‘kooperatif’ dalam menyusu, juga stok asi saya yg melimpah ruah).  Saat ini Denyar usia 11 bulan pun masih asi eksklusif.

Ketika hari pertama Denyar menginjak 6 bulan, emaknya ini langsung semangat menyuapinya pure alpukat. Gak keungkapkan betapa terharu dan bahagianya saya liat Denyar bisa menelan makanan pertamanya dan tidak memuntahkan air putih pertamanya. Singkat cerita, bbrp bulan berlalu saya pun sudah menjajal banyak jenis makanan padanya *terutama sayur-mayur yg konon kabarnya dibenci tidak digilai anak-anak. Apalagi dokter anak bilang,”tidak usah bikin pantangan ke anak, dicoba saja semua, kalau ada indikasi alergi baru dipantau (bukan dihindari) . This far Denyar hanya menunjukkan indikasi alergi pada ikan tenggiri dan keju.

Ternyata ada masanya si bayi saya ini bisa memilih yg dia kurang suka rasanya. Denyar menolak keras buah tomat, jeruk, dan melon hijau. Saya pun memutar otak karena bisa saja daftar ketidaksukaannya itu bertambah. Soalnya si dokter anak juga bilang kalo pengalaman makan pertama anak harus dibuat menyenangkan, jangan sampai si anak trauma lantas menolak makan. Akhirnya saya memasak dan memberi makan dengan cerdas; dengan cara mencampur rasa2 bahan alami dengan tepat dan memberi makan di saat dia lapar. Pernah saya buatkan jadwal makan dia terlalu berdekatan dengan snacking dan breast-feeding, alhasil dia nolak makan karena kekenyangan.

Sekarang, fase tumbuh gigi dan mulai bosan ritual makan trrjadi pada Denyar, dia beberapa kali ngelakuin aksi gerakan tutup mulut. Sempat gak sabar awalnya karena udah capek2 masak tapi gak dimakan dan harus dibuang (atau dikasih piaraan), tapi akhir-akhir ini udah lebih tenang ngadepin GTM Denyar. Saya jadi sering cari suasana baru untuk kasih Denyar makan, dengan makan di luar rumah, duduk bareng di meja makan rame2 dengan teman2, sampai suapin makanan pakai tangan (bukan sendok) dan sambil ajak main. Emang kudu kreatif bin sabar ngadepin anak yang baru membiasakan diri makan. Supaya dia bisa menikmati enaknya rasa berbagai rupa makanan, dan menganggap ritual makan itu salah satu hal yang membahagiakan.

Nanti kalau Denyar udah diatas 1 tahun, baru deh bisa ngerasain makanan dengan gula dan garam (dan lada, cabe, paprika hehe). Semoga dia gak akan jadi picky eater, dan saya tetap sabar memberikan makanan kepadanya.

image

Contoh masakan penggugah selera Denyar: mie goreng+perkedel, oatmeal dan ubi goreng

image

Bubur daging telur yang selalu tandas!

image

Anak kecil makan di Starbucks

image

Temenin emaknya ngopi di Djournal Coffee

Advertisements