Semenjak si anak bayi udah bisa merangkak dan berjalan merambat, pengasuhan dan penjagaan menjadi semakin ekstra. Kalo hari kerja, suster harus bisa bekerja sama dengan baik dgn si asisten rumah tangga. Kalo hari libur, saya dan bapake kudu ada tenaga ekstra untuk bermain dan menjaga Denyar.

Concern pertama adalah stop kontak, sudah berhasil diatasi dengan selain menaikkan kabel-kabel listrik diluar jangkauan Denyar, dengan dipasangnya tool khusus utk nutupin stop kontak yang terbuka. Concern lainnya yaitu pintu lemari dan meja tv di ruang keluarga yang pernah berhasil dibuka tutup (baca: dimaenin) sama Denyar, diatasi dengan dicopotnya gagang pintu lemari/laci meja tersebut (jadi kami harus upaya ekstra utk buka lemari/laci tersebut). Sampai sejauh ini belum ada solusi apabila Denyar manjat-manjat rak buku, rak dvd, dorong-dorong meja dengan barang pecah-belah diatasnya –selain pengawasan ketat dan siaga.

Saya tipe ibu yang tidak mau terlalu melarang anak mencoba mencari tahu sesuatu dengan berbuat sesuatu. Jadi saya membiarkan saja dia merangkak dan duduk di ubin selama yang dia suka, menggondol sendal saya atau Lut, mengacak-ngacak rak koran di pojok ruangan, menyeret keranjang cucian, mengambil jemuran yang rendah, sampai menggedor-gedor kandang Papoy, piaraan kami. Tentu saja, di akhir aktivitas dia selalu dicuci tangan dan kakinya sampai bersih dan wangi. Dan selama aktivitas bermain tidak ada agenda memasukkan tangan (atau kaki) ke dalam mulutnya.

Agak berbeda sebenarnya pola pengawasan saya dan Lut terhadap Denyar. Kalau pola dan cara saya seperti yang udah digambarkan di atas, kalau Lut lebih protektif. Setiap Denyar akan memegang sesuatu barang yang kotor, Lut akan bereaksi menyeru “Eits eits! Kotor itu kotor! Jorok ah, jangan yaaa..” dan terus apabila pada akhirnya dia membolehkan Denyar untuk bermain, Lut pun heboh membersihkan tangan dan kaki denyar dengan tissue basah, 1 lembar SETIAP KEGIATAN!! Hahahaha dia ini yang bayar belanjaan tissue baaah dan teman2nya. Bahkan nih ya, yang lebih lebay, Lut menanyakan apakah ada knee pad untuk Denyar merangkak!! Katanya supaya dengkulnya bersih tidak kotor dan tidak tergores. Astaga laki gue!! Gimana saya bawa Denyar untuk kegiatan outdoor nanti, coba? Bisa-bisa Denyar dipakein baju logam ksatria terus dikasih helm super tebal…

Eh kembali ke topik awal, jadilah nih rumah saya yang tadinya (lebih) rapih sekarang menjadi berantakan setiap hari karena ulah Denyar. Kita tunggu aja deh nih gimana beberapa bulan lagi disaat Denyar udah mulai coret-coret, hmmmm. Cannot wait what will be done terribly by my little miss messy.

image

I can't stop moving, Bubu

