Hari ini adalah hari pertama saya bekerja di kantor baru. Akan sangat jauh berbeda dengan hari pertama saya di kantor yang sebelumnya, karena kantor sebelumnya didirikan oleh saya dan para rekan persekutuan (pada masanya) jadi pada hari pertama saya tidak ada masalah yang berarti. Sementara kantor yang akan saya tempati ini benar2 bukan kantor yang familiar bagi saya, baik gedung, pekerjaan maupun orang2nya. Sehingga, saya sungguh deg-degan luar biasa dari tadi malam. Susah banget memejamkan mata (padahal lagi dalam pengaruh obat batuk yang harusnya bikin ngantuk).

image

Pilih baju dari tadi malam

Teringat akan pengalaman hari pertama kerja 7 tahun lalu di sebuah law firm yang juga awalnya asing bagi saya. Pada saat itu saya belum punya banyak pengalaman kerja, cuma pernah bekerja di bank swasta. Sama dengan hari ini, waktu itu saya grogi mati2an menghadapi pagi. Saya ingat pakai kemeja ungu garis2 dan rok lipit hitam serta anting besar (kan waktu itu lagi trend). Saya datang kepagian sejam, dan akhirnya malah bengong karena HRD belum datang. Saya duduk diam pada saat karyawan2 lain mulai berdatangan masuk. Disitu kikuk terjadi, saya bingung harus menyapa kah, hanya senyum sajakah, atau pura2 sibuk baca2 buku yang dikasih oleh sekretaris. Yah, memang pada akhirnya saya bertemu orang2 yang tepat, yang langsung bisa asik diajak ngomong sehingga saya pun mulai bisa beradaptasi dalam waktu seminggu.  

image

Make up baru supaya kinclong

Nah, kali ini grogi yang sama muncul lagi, pikiran yang sama ada lagi, kekikukan yang sama diduga lagi. Saya bener2 blank harus masuk lebih awal jauh2 jamnya atau saya datang on time disaat orang2 berdatangan juga, atau bagaimana. Apakah saya harus membawa sesuatu atau tidak usah bawa apa2, saya pun masih bingung. Bagaimana nanti saya bertegur sapa dengan orang2 kantor, apakah tunggu ditegur atau diperkenalkan, atau saya harus menegur mereka duluan dan memperkenalkan diri, saya masih bimbang.  

image

Cold feet di dalam mobil menuju kantor

Yah, memang dimanapun kita harus bertemu dengan orang2 baru, memulai kebiasaan baru, dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Grogi, bingug, bimbang di hari pertama pasti akan selalu ada, karena itulah seninya, dimana kita hanya punya kesempatan satu kali untuk membuat first impression.  

Mari kita lihat hari pertama saya ini, semoga saya membuat impresi yang baik. Semoga postingan besok tidak segalau postingan ini hehe.

