Sudah tahun ke-3 jadi warga Bintaro, baru beberapa minggu lalu berkesempatan menyambangi Bintaro Mini Farm. Apalagi anak saya, Denyar, memang anak yang aktif dan senang main di luar. Ditambah, sedini mungkin saya ajarkan dia untuk menyayangi binatang. Meskipun kami gak punya binatang piaraan, tapi saya selalu mengenalkan Denyar pada binatang-binatang, baik melalui buku, TV, ataupun binatang-binatang yang gampang dijumpai secara langsung (baca: kucing tetangga yang suka masuk ke carport rumah sampai cicak yang sebenarnya saya tidak senangi). Dengan adanya Bintaro Mini Farm yang terdapat berbagai binatang-binatang, saya excited untuk menemani Denyar kesana dan berinteraksi secara langsung dengan binatang-binatang tersebut.

Untuk menuju kesana, ternyata cukup mudah dipandu oleh GPS. Kita tinggal memasukkan kata kunci Bintaro Mini Farm, langsung peta mengarahkan ke lokasi tanpa kesulitan berarti. Cukup dekat dengan Bintaro Exchange Mall, sekitar 10 menit.

Ketika sampai disana, kami bertemu langsung dengan pemiliknya, Pak Cuncun. Bisnis utama yang digeluti Pak Cuncun sejak puluhan tahun lalu adalah budidaya lobster air tawar. Jadi ketika kami kesana, kami melihat ada beberapa kolam dan akuarium lobster air tawar.

Pak Cuncun pun menjual tiket kepada kami sebesar Rp. 60.000,-/orang, dapat dibayarkan secara tunai maupun secara debit BCA. Harga tiket yang dibayarkan tentu sangat sepadan dengan fasilitas wisata edukasi yang kami peroleh.

Pada saat itu ada rombongan lain yang juga baru datang, sehingga kami langsung saja mengikuti serangkaian program edukasi disana.

  1. Memandikan landak mini

Area landak mini berada di dalam rumah beratap (indoor). Ada sekitar lebih dari 20 akuarium/kotak kaca tempat landak mini berada. Landak-landak ini juga dapat diperjualbelikan dengan harga sekitar Rp. 300 ribu hingga jutaan rupiah. Landak mini ini berduri sama seperti landak dewasa, tapi lebih halus dan dapat dibelai dengan mudah. Pemandu mengajarkan kita cara memegangnya terlebih dahulu, ternyata ada strateginya supaya si landak membulat seperti bola dan mau diam di telapak tangan kita. Setiap anak dalam rombongan diberikan kesempatan untuk menggendong landak yang sedang membulat, dan kami para orang tua dipersilahkan untuk mengambil foto.

Setelah itu, anak-anak diberikan sikat gigi untuk memandikan bulu-bulu landak mini tersebut. Landak-landak tersebut dibiarkan mandi/berenang di kolam air, kemudian disikat, lalu dimandikan lagi, dan terakhir dikeringkan dengan handuk. Saya dapat melihat Denyar sangat senang dan sayang dengan landak yang dia mandikan, dia sampai hampir tidak mau bergantian dengan anak lain yang sudah antri.

  1. Menangkap marmut

Setelah selesai memandikan landak mini, kami pun dipandu menuju kebun kecil dimana banyak marmut dilepas berlarian disana. Ada sekitar 8-10 marmut yang berlarian, dan anak-anak diperbolehkan untuk ikut berlarian di kebun tersebut dan mencoba menangkapnya. Denyar belum bisa menangkap marmut karena mereka terlalu lincah, tapi pemandu membantu menangkap 1 marmut dan membiarkan Denyar memegangnya agak lama untuk mengenali marmut dan belajar menyayangi mereka.

IMG_3231

  1. Mempelajari lobster

Kami pun kemudian mendengarkan penjelasan Pak Cuncun mengenai lobster air tawar, dari cara membedakan yang jantan dan betina, cara memegang lobster yang benar, mengenali lobster yang belum dan sudah berganti kulit, sampai mempelajari lobster yang sedang bertelur. Kami pun melihat dari dekat telur-telur yang tersimpan di dalam lobster tsb.

  1. Menyikat/memandikan kura-kura raksasa

Kami kemudian dikenalkan pada kura-kura dewasa yang hampir seperti kura-kura raksasa. Kura-kura jenis ini berumur sekitar 80 tahun, dan merupakan kura-kura pemakan daging. Jadi anak-anak tidak diperkenankan berada atau berjalan di depan kepala kura-kura, melainkan hanya boleh di samping atau bahkan di belakang si kura-kura tersebut. Kemudian anak-anak diberikan sikat gigi dan selang, lalu mereka pun mulai memandikan atau menyikat tempurung kura-kurang secara bersama-sama. Saking besarnya, 1 kura-kura bisa disikat oleh 6 anak, dan kesemuanya berjongkok manis di samping dan belakang kura-kura, mengikuti panduan dari pemandu.

  1. Memberi makan kelinci

Setelah itu, kami diantar ke kandang-kandang kelinci, untuk memberi makan pada mereka. Kami diberi makanan kelinci berupa pelet yang berada pada wadah kecil. Pintu sebagian kandang kelinci dibuka oleh pemandu, dan masing-masing anak dapat memilih kandang yang mana yang akan mereka ‘suapi’ makan.

IMG_3196

  1. Menangkap kelinci

Kemudian kami dipandu ke area rumah ‘sebelah’ yang mempunyai kebun yang luas. Ternyata ada sekitar 10 kelinci sedang berlarian disana. Anak-anak dibiarkan berlarian dan menangkap kelinci dan memasukkan ke kandang, kalau bisa. Gak sangka, Denyar yang memang antusias berlari mengejar, bisa menangkap 2 kelinci yang memang sama lincahnya.

Untuk aktivitas ini, tidak ada foto karena memang lebih seru mengambil video.

  1. Menangkap lobster di kolam

Karena hari sudah semakin sore dan akan hujan, kami pun dipandu ke dalam rumah yang ternyata terdapat kolam renang yang diisi air kira2 setinggi 10cm, di dalam kolam tersebut terdapat ikan kecil dan lobster air tawar sebagaimana yang tadi kami liat sebelumnya di dalam aquarium. Anak-anak pun nyemplung dengan orang tua masing-masing untuk menangkap lobster tersebut dengan penyaring ikan. Sayang ada beberapa lobster yang terdapat mati di dalam kolam, mungkin akibat gagal ganti kulit sebagaimana telah dijelaskan oleh Pak Cuncun.

IMG_3205

Durasi wisata edukasi adalah sekitar 1,5 jam lamanya. Singkat namun banyak pengetahuan yang didapat. Pada tempat tersebut juga terdapat kantin kecil untuk sekedar bersantai dan memesan makanan/minuman ringan. Sembari bersantai disana, setiap anak yang telah mengikuti wisata edukasi pun diberikan souvenirs berupa hiasan kura-kura.

Kami sekeluarga sangat puas dan senang bisa bermain disana, terutama Denyar yang tak henti-hentinya menceritakan ulang pengalamannya kepada orang-orang sekitarnya.

Alamat: Jl. Tegal Rotan No. 123, Desa Sawah Baru, Ciputat.

Jam buka: 9.00 – 17.00

Telepon: 0851 0076 6442

Advertisements